Friday, February 20, 2009

Mobil Atau Pesawatkah?

Perhatikan benda ini, apakah Anda mengira ini pesawat luar angkasa? Anda salah besar. Benda unik ini merupakan kendaraan 3 roda yang sepenuhnya dijalankan dengan sistem listrik.

Kendaraan ini dinamakan Aptera, yang dikembangkan oleh Aptera Motor dari AS. Seperti dikutip Reuters, Jumat (20/2/2009), mobil ini akan diproduksi masal pada akhir tahun ini di AS.

Mobil listrik ini bisa melaju hingga 100 mil setiap kali baterainya diisi hingga penuh. Tak hanya dengan mesin listriknya, kendaraan 3 roda ini juga memiliki versi mesin bensinnya dengan konsumsi BBM sekitar 1 liter setiap 42 km. Cukup irit bukan untuk kendaraan pribadi?

Untuk soal harga, bervariasi sekitar US$ 25.000 hingga US$ 40.000 (Rp 302 juta hingga Rp 483 juta) tergantung mesinnya, apakah mesin listrik, hybrid atau bensin biasa. Listrik tentunya lebih mahal.

Kendaraan unik ini sudah dipesan publik AS sebanyak 4.000 unit. Angka pemesanan yang lumayan untuk ukuran kendaraan yang aneh. Pendiri Aptera Steve Fambro yakin kendaraan ini merupakan penjabaran visi Presiden AS Barack Obama soal mobil listrik.Jika diteliti lebih lanjut, kendaraan roda 3 ini mirip pesawat luar angkasa dalam film kartun produksi Hanna Barbera yang terkenal tahun 1960-1980an, The Jetson.

No comments:

Post a Comment